A.
Pengertian
Game Engine
Game engine merupakan
sebuah komponen inti softoware dari sebuah game ataupun aplikasi lain
yang menggunakan grafik secara real time. Game engine mempunyai development
tools dengan tampilan cisual dan langsung terintegrasi didalam IDE (integrated
development environment) sehingga tools-tools development tersebut dapat
digunakan kembali untuk mengembangkan game yang lain. Hal ini membuat Game
engine sering disebut game middleware karena Game engine
mempercepat pengembangan sebuah game, mengurangi biaya pengembangan game,
tingkat kompleksitas dari pengembangan game, yang merupakan faktor utama untuk
bersaing didalam industri game. Beberapa Game engine hanya memberikan
fitur untuk melakukan 3D rendering, dan tidak memberikan fitur – fitur
yang dibutuhkan untuk membuat game secara keseliruhan. Game engine
seperti ini disebut sebagai 3D engine dan dangat bergantung pada pengembangan
game untuk menambah fitur-fitur yang tidak terdapat didalamnya dengan
menggunakan komponen dari Game engine yang lain. Game engine
secara lisensi terbagi menjadi dua yaitu;open source dan komersial. Salah satu Game
engine open source yang terkenal adalah crytal space dan orge,
sedangkan Game engine komersial terkenal dna banyak digunakan saat ini
adlah tourque Game engine.
B. Contoh Game Engine
1.
Game
Engine 3 Dimensi
a.
CryEngine 3
CryEngine
3 merupakan teknologi graphics game yang menampilkan bayangan dari pencahayaan
suatu objek terlihat nyata, dimana ketika player bayangannya menjauh akan
memudar dan sedikit menghilang. Rerumputan akan ikut bergerak apabila terkena
sentuhan dari pemain yang melintasinya, juga bergoyang ketika terkena hempasan
angin yang lalu-lalang. Bahkan partikel seperti jilatan api akan tampak seperti
nyata, tetesan air hujan disamudera dan permukaan yang terkena air hujan
disuatu objek mampu memantulkan suatu bayangan. Dengan kata lain, CryEngine 3
menjanjikan grafik game yang nyata seperti bentuk aslinya direal-world. Dibawah ini merupakkan salah satu screen
shootnya.
graphicnya seperti didunia nyata dan juga cara membuat gamenya ini tidak perlu susah menggunakan script untuk membuatnya karena sudah disediakan oleh cry engine dan jadi akan membantu untuk mempermudah dalam membuat sebuah game.
graphicnya seperti didunia nyata dan juga cara membuat gamenya ini tidak perlu susah menggunakan script untuk membuatnya karena sudah disediakan oleh cry engine dan jadi akan membantu untuk mempermudah dalam membuat sebuah game.
b.
OGRE
OGRE singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine merupakan
salah satu Engine Grafik yang berbasis objek. Dengan menggunakan Ogre kita
dapat membuat game dengan 3 dimensi.
Ogre itu sendiri ditulis dalam bahasa C++. Ogre menggunakan library atau
pustaka Direct3D dan OpenGL.
Sejarah Singkat OGRE
·
Berawal dari tahun 1999
merancang perpustakaan yang ada API dan platform independennya.
·
Kemudian 25 Februari
2000 mendaftarkan proyek Sourceforge dengan nama OGRE.
·
Februari 2005
dirilislah Ogre v1.0.0 “Azathoth” Rilis – resource system overhaul, hardware
pixel buffers, HDR, CEGui, XSI exporter
·
Maret 2005 Ogre adalah
‘Project of the Month’ di Sourceforge
·
4 November 2005 Ankh
dilepaskan sebagai produk komersial pertama menggunakan Ogre
·
7 Mei 2006 Ogre 1.2
“Dagon” secara resmi dirilis
·
25 Maret 2007 Ogre 1.4
“Eihort” secara resmi dirilis
·
28 Agustus 2008 Ogre
1.6 “Shoggoth” secara resmi dirilis (Saat ini 1.6.5 Stable Release)
·
31 Desember 2009 1,7
ogre RC1 “Ctchugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Pre Release)
·
28 Februari 2010 Ogre
1.7 “Cthugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Stable Release)
Didalam OGRE ada
berbagai macam fitur yang dapat kita akses antara lain :
1. Desainnya yang Object Oriented yaitu dengan menggunakan plugin untuk
mempermudah dalam memasukkan fitur lainnya.
2. Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas,
octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
3. Ogre adalah sepenuhnya multi-platform, dengan OpenGL dan Direct3D dukungan.
Dapat membuat konten yang sama pada berbagai platform tanpa pencipta konten
harus mempertimbangkan kemampuan yang berbeda dari setiap platform. Hal ini
mengurangi kompleksitas menjalankan sebuah permainan pada banyak sistem. Saat
ini binari pre-compiled ada untuk Linux, Mac OS X, dan semua versi utama
Windows.
4. Ogre juga mendukung program Vertex dan Fragment shader bersama dengan adat
ditulis dalam GLSL, HLSL, Cg dan assembler.
5. The landscape scene manager / pemandangan – pemandangan manajer untuk
Progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis atau manual.
6. Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.
7. OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen post
processing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring,
& noise.
8. Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari
archive-nya.
9. Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya,
Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb
c.
Unity
3D
Unity 3D adalah sebuah game engine
yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game
yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone,
PS3, dan bahkan X-BOX.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang
terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa
untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin,
yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Unity tidak dirancang untuk proses
desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin
mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang
bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan
Sky Box untuk menambahkan langit.
Fitur scripting yang disediakan,
mendukung 3 bahasa pemrograman, JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and
EasyMoving, rotating, dan scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga
dengan Duplicating, removing, dan changing properties. Visual Properties
Variables yang di definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor. Bisa
digeser, di drag and drop, bisa memilih warna dengan color picker. Berbasis
.NET. Artinya penjalanan program dilakukan dengan Open Source .NET platform,
Mono.
Gambar
diatas menampilkan lembar kerja dari unity 3.5. versi gratis. Pada setiap
project Unity terdapat sebuah Assets folder. Isi dari Assets folder ditampilkan
dalam bentuk panel project dalam editor unity. Assets folder adalah tempat
untuk menyimpan semua komponen dari game seperti tingkatan game (level scenes),
scripts, 3D models, teksture, dan file audio.
Untuk
menambahkan assets ke dalam project, cukup dengan menarik (drag) file yang
ingin ditambahkan ke dalam panel project. Atau dengan memilih menu
Assets->Import New Asset. Untuk membuat scene baru, gunakan tombol Control-N
(pada keyboard). Untuk menyimpan scene yang sedang aktif, gunakan Control-S
(pada keyboard).
Panel
Hierarchy menampung semua GameObject yang terdapat di Scene yang sedang aktif.
Beberapa dari GameObject tersebut berhubungan langsung ke asset seperti objek
3D. Objek yang terdapat pada hierarchy dapat di seleksi dan dihapus. Jika objek
dihapus atau ditambahkan pada scene, maka objek tersebut juga akan hilang atau
muncul pada hierarchy.
Unity
menggunakan sebuah konsep yang disebut Parenting. Ini digunakan untuk membuat
sebuah GameObject menjadi anak dari GameObject yang lain. Tarik sebuah
gameobject dan pindahkan tepat di atas tulisan gameObject yang akan dijadikan
parent dalam hierarchy. GameObject yang terdapat dalam sebuah gameObject
lainnya akan mengikuti perpindahan dan perputaran ketika gameObject parent
mengalami perubahan posisi.
d.
Unreal Development
Sejak 1998, GE keluaran Epic Games
pertama digunakan untuk game Unreal, dan dilanjutkan oleh game bernuansa
Stealth Deus Ex (2000). Generasi pertama Game Engine ini menunjukkan dunia yang
gelap dan kelam. Beruntunglah kita para PCGamer, karena dapat merasakan
game-game dari Unreal Engine dengan Framerate yang lebih stabil
dibandingkan di console. Tetapi, Unreal Engine 3 mengalami revolusi yang
membuatnya menjadi GE yang menghasilkan Framerate stabil, Kualitas Grafis yang
mantap, Dynamic Shadows, HDRR (High Dynamic Range Rendering), Depth of Field,
dan penggunaan DX 11 secara maksimal. Semua game dengan Engine ini memang
mengagumkan, dan nyaris semua bertema kelam, karena GE ini memang mengutamakan
di Shadows.
Contoh Game yang dibuat dengan
software ini adalah Homefront, GRAW, Batman Arkham City dan banyak lagi.
e.
FPS Creator x10
Software ini
dibuat oleh perusahaan
The Game Creators
Ltd. Perusahaan yang juga
memproduksi 3D Gamemaker
dan Dark Basic.
Aplikasi ini khusus untuk
membuat game 3D dengan
genre FPS (First
Person Shooter), dengan
maksud fokus pada
satu genre dan tidak
untuk genre yang
lain. Keuntungan lain
dari FPS Creator
adalah kemudahan yang diberikan
kepada penggunanya untuk
membuat game FPS
dengan cepat dan mudah tanpa harus memahami lebih mendalam tentang
programming dan skill grafis3.
FPS
Creator merupakan salah
satu game engine dengan genre FPS atau tembak-menembak
dari sudut pandang orang pertama.
Perkembangan game FPS dimulai dengan munculnya game Wolfenstein 3-D yang
merupakan nenek moyangnya
game FPS. Hadirnya
game Doom mulai
mengawali penggunaan
teknologi grafis 3D
dalam genre FPS
serta merupakan game
yang bisa dimainkan secara
online. Game FPS
yang paling dikenal
di Indonesia adalah
Counter Strike dimana pada waktu itu merupakan game favorit para gamers.
Crysis dan Far Cry 2 yang saat ini hadir dengan teknologi grafis terbaru
tingkat tinggi merupakan pionir game FPS
3D selanjutnya. Perkembangan
game FPS terbaru
saat ini adalah
Call of Duty
: Modern Warfare 3 dan
Battlefield 3 yang disajikan semakin halus tingkat teknologi grafis dan
narasi.
f.
Torque 3D
Torque 3D adalah salah satu Game Engine
yang di buat oleh Garage Games,
dengan mengunakan bahasa C++. Dalam istilah sederhana, Torque 3D adalah mesin
game yang dikembangkan oleh Instan
Action (sebelumnya dikenal sebagai GarageGames ). Membuat game adalah salah satu
yang paling sulit, namun menyenangkan
dan bermanfaat didunia. Menggunakan game engine bukan hanya jalan pintas untuk
menyelesaikan pembuatan game, tapi juga akan menghemat waktu dan usaha yang
dibutuhkan untuk menciptakan sistem
rendering yang kompleks, jaringan
kecepatan
tinggi,
editor real time, sistem
scripting, dan sebagainya. Adapun Fitur - fitur yang terdapat pada Torque 3D
tersebut antara lain :Toolbox,
Torquescript, Editor dan Pipeline
Aset.
Gambar di atas adalah tampilan awal Torque3D,
pada tampilan tersebut tersedia beberapa tool yang digunakan untuk memulai
pembuatan game, seperti World Editor,
Play Game, Gui Editor dan lainnya.
g.
Blender 3D
Blender 3D
adalah sebuah software editing 3 Dimensi berlisensi GNU (gratis). Software ini
dapat digunakan untuk untuk editing obyek 3 Dimensi. Fungsinya hampir sama
dengan software maya dan 3D Studi Max. Blender dapat berjalan di sistem operasi
berbasis windows dan linux.
Sejarah Blender
· Pada tahun 1988 Ton Roosendaal
mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo.
NeoGeo berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda
dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung
jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software
internal.
· Pada tahun 1995 muncullah sebuah
software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender
memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada
tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk
mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk
menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis
dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum. Sayangnya ambisi NaN
tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu.
· Tahun 2001 NaN dibentuk ulang
menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial
pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D
interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak
menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk
penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source.
· Pada tahun 2002 Blender dirilis
ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender
tersu berlanjut hingga saat ini.
Panda 3d adalah game engine, ebuah
kerangka kerja untuk 3D rendering dan pengembangan game untuk Python dan C
+ +. Panda3D bersifat Open Source dan bebas untuk tujuan apapun, termasuk
usaha komersial, berkat itsliberal lisensi. Selama beberapa bulan
terakhir, beberapa mahasiswa di Carnegie Mellon University’s Entertainment
Technology Center (ETC) telah bekerja pada peningkatan proses egging serta
secara bertahap meningkatkan sistem shader. Bagi anda yang pernah menggunakan
Panda 3d, anda akan tahu bahwa ada proyek PLG Panda 3D di masa lalu.
Beberapa dari mereka telah lumayan berhasil karena adanya ruang lingkup
proyek besar. Proyek ini justru akan berfokus pada pembuatan fitur lengkap
set bukan setengah potongan yang diimplementasikan seperti proyek
yang gagal di masa lalu. Ini juga akan fokus pada dokumentasi baik di
dalam code dan manual. Proyek fokus pada dua hal: Shader input dan Egging/model
proses export.
2.
Game
Engine 2 Dimensi
a.
Construct
2
Construct adalah Game Engine yang
dikembangkan oleh Scirra yang salah satu platform didukungnya adalah membangun
apalikasi game untuk Windows 8. Construct 2 sangat mudah untuk di pelajari
berbeda dengan pengembangan game pada umumnya Construct 2 memudahakan
pengembang game untuk membuat aplikasi dengan metode visual programming, yaitu
drag & drop modul yang telah disediakan dengan kebutuhan coding yang
minimal. Membuat Game untuk Windows 8 dengan Construct 2 tidaklah susah, disini
seorang desain sangat diperlukan.
Construct 2 selain bisa digunakan di
Windows, juga dapat dijalankan di banyak platform, seperti Mac, Linux, dan
iPad. Construct 2 juga dapat diinstal pada user account yang terbatas.
Sifatnya juga portable, oh iya Construct 2 juga bisa di instal di
Flasdisk dan pastinya bisa di jalankan bila kamu tidak membawa laptop atau
notebook tinggal membawa Flasdisknya saja dan bisa di jalankan pada laptop lain.
b.
Game
Maker 8
Game maker 8 adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk
membuat game berbasis 2D dan 3D tapi sayangnya game maker 8 hanya terfokus pada
game yang dibuat 2D dari pada 3D ,tapi anda tidak bisa membuat game sekelas
dengan Eart of empire II, pada aplikasi ini! karena ketersediaan alat pada game
maker 8 sangat terbatas, sehingga para pembuat game biasanya membuat game 2
dimensi
c. Stencyl
Platform pembuat game ini sangat fleksibel. Selain
bisa diinstal di berbagai OS, game ini bisa digunakan dalam multidevice, mampu
dijalankan di aplikasi iOS, Android, ataupun lainnya.
Fasilitas eksport ke dalam file swf sehingga mampu
dijalankan di atas browser web, baik via Adobe Flash player ataupun HTML 5
menjadikan hasil kreasi game kita akan dengan mudah dipublikasikan, dimainkan
dan mungkin juga dipasarkan.
Jika tertarik untuk memulainya, Anda dapat belajar
tutorial gratis tahap demi tahap dari yang paling dasar sampai yang advance di
situs resmi Stencyl yang dinamakan Stencylpedia, tepatnya di sini
http://www.stencyl.com/help/. Sedangkan installernya bisa didownload di sini http://stencyl.com/
C.
Kelemahan
dan Kelebihan
1.
Game
engine 3D
a.
CryEngine
3
Kelebihan :
o
Tampilan grafis yang sangat memukau
o
Sudut pandang permainan sangat menarik dan dengan
penggunaan bow yang baru
o
Efek suara yang bagus
Kelemahan :
Jalan cerita di awal sedikit sulit
dimengerti
b.
ORGE
Kelebihan :
o
Gratis karena
opensource
o
Dapat memilih render
yang diinginkan, OpenGL atau DirectX.
o
Kemungkinan kinerja
OGRE dalam scene culling lebih baik.
o
Dapat dirender dengan
baik meskipun dengan kartu grafis bawaan Intel.
o
Mempunyai komunitas
yang besar.
Kelemahan :
Hanya sebuah rendering
engine tidak dilengkapi dengan tool jaringan, suara dan lain sebagainya.
c.
Unity
3D
Kelebihan :
o multiple platform, maksudnya banyak platform yang diisupport
oleh unity, misal Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga
browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player,
sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
o Bahasa pemrograman yang digunakan bermacam-macam, mulai dari
Javascript, C#, dan Boo.
Kelemahan :
tidak bisa melakukan desain /
modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain
d.
Unreal Development
Kelebihan : Unreal sudah didukung directX 11 dan OpenGL 4.0. Kemudian sudah
didukung penuh high dynamic range rendering, per-pixel lighting, soft shadow,
tessellation, multiple reflection modes, bokeh depth of field, advanced
rendering, displacement mapping, serta simulasi obyek tubuh.
Kelemahan : Obyek-obyek yang dihasilkan terlihat terlalu mengkilat. Model terasa seperti plastik dan bayangan yang dihasilkan pun juga tidak terlalu bagus.
Kelemahan : Obyek-obyek yang dihasilkan terlihat terlalu mengkilat. Model terasa seperti plastik dan bayangan yang dihasilkan pun juga tidak terlalu bagus.
e.
FPS Creator x10
Kelebihan :
o
Membuat game FPS dengan
cepat dan Mudah
o
Menggunakan intelligent building
block untuk menciptakan level permainan.
o
Tidak perlu melakukan proses
coding atau programming.
o Desain yang terbuka
sehingga sangat memungkinkan untuk dikembangkan dengan mudah.
o
Dapat mengimpor media kita
sendiri (suara,model 3D,tekstur,dll)
o
3D engine yang mendukung
DirectX 10 ke atas.
o
Hampir setiap aspek dari
Game dapat dikendalikan melalui file script yang dapat kita edit.
o
Proses rendering yang cepat
dan frame rate yang tinggi.
Mendukung Multiplayer
Mendukung Multiplayer
Kelemahan :
o
Spesifikasi komputer yang
dibutuhkan relatif tinggi dan mahal.
o
Tools dan utility masih
minim untuk FPS Creator X10 dibandingkan dengan FPS Creator untuk Win XP.
o
Hanya bisa untuk membuat
game bergenre fps.
o
Tidak bisa menambah atau
mengatur menu game, menu game yang tersedia untuk dibuat hanyalah menu start
game dan quit game
o
Game yang dihasilkan hanya
bisa dimainkan oleh komputer yang memiliki RAM dan VGA yang berkualitas
o
Susah didistribusikan
karena memerlukan spesifikasi komputer yang bagus untuk memainkannya
f.
Torque
3D
Kelebihan:
o Selain sebagai mesin grafis 3D, torque menyediakan kode jaringan
yang kuat, scripting, di-dunia mesin editing dan GUI penciptaan. The source
code dapat dikompilasi pada Windows, Macintosh, Linux, Wii, Xbox 360 dan
iPhoneplatform.
o
Model
pemuatan mendukung model 3D dalam . DTS format file dan . DIF format file.
o
Torsi
mendukung jaringan LAN dan permainan di internet dengan tradisional arsitektur
client-server. Server objek “ghosted” pada klien dan diperbarui secara berkala
atau pada peristiwa.
o DTS
model biasanya digunakan untuk karakter dan kendaraan meskipun
kadang-kadang,disini digunakan untuk bangunan dan interior jadi beda .
o
Dataran
secara otomatis menyala dan tekstur diterapkan pada daerah dapat dicampur bersama-sama
dengan dengan rapi.
Kelemahan:
o
Banyak
versi dari Torque Game Engine, terutama Torque X dan 3d, yang hampir seluruhnya
kurang di dokumentasi resmi. Sebagai contoh, satu-satunya dokumentasi resmi
untuk Torque 3d terdiri dari deskripsi singkat subset terbatas fitur
o
Sofwarenya
mahal sekali Tersedia Lisensi Indie untuk individu dan perusahaan yang membuat
kurang dari US $ 250,000 dalam penjualan tahun sebelumnya, dan Lisensi
Komersial Tersedia pada harga yang lebih tinggi untuk individu dan perusahaan
yang membuat lebih dari 250,000 dolar di tahun sebelumnya
g.
Blender
3D
Kelebihan :
o dapat
membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah
memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa
pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.
o Blender
menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada
berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.
o
Sekarang ini Blender merencanakan
sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih ditujukan
untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang
untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.
Kelemahan:
GUI nya agak
susah dimengerti (mungkin butuh waktu untuk membiasakannya).
2.
Game Engine 2D
a.
Construct 2
Kelebihan :
Construct 2 memiliki tampilan yang mudah dipahami,bahkan oleh
orang awam sekalipun, sehingga membuat games pun jadi lebih mudah dan cepat.
Dalam hitungan jam pun sudah bisa bikin games, sesuatu yang mungkin mustahil
jika kita membuat games dengan coding.
Nah,sebagai pengganti programing/coding, di Constuct 2
disediakan yang namanya System Event. Jadi, inti dari games supaya bisa
berjalan ada disini. Cuma butuh kemampuan logika yang kuat disini, supaya games
bisa berjalan dengan baik.
Behaviours disini maksudnya fungsi bawaan yang telah
disediakan oleh Construct 2, sehingga kita tidak perlu membuatnya lagi dari
awal. Yang termasuk behaviour disini adalah fisika, pergerakan, platformer, dll.
Hasil karya kita langsung bisa kita lihat seketika,tanpa
harus menunggu aplikasi dikompilasi atau menunggu proses lain yang memakan
waktu yang lama. Cukup menekan tombol play,hasil karya langsung bisa kita coba.
Games tanpa efek visual tentu kuran menarik. Construct pun
sudah menyediakan visual efek yang keren untuk membuat games menjadi lebih
menarik
Karena Games yang dihasilkan Construct berbasis HTML5, maka
games kita dapat dipublikasikan ke berbagai macam platform,mulai dari Chrome
Web Store, Facebook, Kongregate, NewGrounds, Firefox Marketplace, Sencha
Arcade. Untuk PC pun bisa,dengan hasil publikasi untuk Windows 8,Linux,Mac.
Platform mobile pun juga bisa,seperti iOS,Android,Blackberry.
Kurang puas dengan kemampuan Construct 2? Butuh fitur-fitur
yang lain? Construct 2 menyediakan SDK untuk membuat plugin tambahan. Bahkan
kita bisa membuat visual efek sendiri jika kita mau.
kelemahan :
Jika kita ingin membuat gerakan karakter yang unik, akan sulit
mengakali behavior bawaan dengan tambahan event, jauh lebih mudah jika kita
membuat event langsung dari awal.
b.
Game Maker 8
kelebihan
:
·
Mudah untuk
difahami
Game
Maker telah menyediakan tutorial untuk anda yang ingin belajar membuat
permainan komputer. Selain itu,ikon yang disediakan juga mudah untuk difahami.
·
Mempunyai
banyak fungsi
Salah
satu fungsinya ialah pengesan kesalahan dan kod saranan. Fungsi pengesan
kesalahan ialah ia dapat mengesan kesalahan pada kode program yang anda telah
masukkan.
Kod
saranan pula ialah salah satu fungsi yang memberi beberapa cadangan yang hampir
dengan kode yang telah anda masukkan.
kelemahan
:
Banyak tampilan baru yang diberikan sehingga, kita harus belajar
lebih giat lagi untuk mengenal fungsi-fungsi baru game maker tersebut.
D.
Kegunaan
Game Engine
1.
Cry
engine 3
CryEngine 3 menyatukan animasi, secara teknis terintegrasi
dan terukur dan teknologi grafis untuk memberikan
karakter menakjubkan nyata untuk lintas-platform game, tanpa biaya lisensi tambahan. Sistem karakter
animasi baru, jauh meningkatkan standar seni dalam real-time
karakter animasi. Sebuah editor karakter khusus
memungkinkan desainer animasi melakukan pratinjau dalam
Sandbox ™ CryEngine 3 di
semua platform yang didukung, sedangkan alat
animasi yang kuat memungkinkan animator untuk visual,
menentukan negara dan transisi karakter.
2.
OGRE
OGRE pada umumnya hanya sebagai
graphic rendering engine bukan complete game engine. Tujuan utamanya dari OGRE
adalah untuk memberikan solusi umum untuk grafis rendering. Dengan kata lain
fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling,
dan lain-lain.
3.
Unity
3D
untuk
membuat mengedit dan membuat script untuk menciptakan sebuah game 3D. selain bisa untuk build game PC, UNITY
juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3,
Xbox 360, juga Ipad, Iphone, & android.
Terdapat 2 hal yang bisa kita
dapatkan dari UNITY:
1.
Aspek Design : Menggunakan Unity untuk
membangun Level.
Aspek ini tidak termasuk proses
desain atau modeling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Pergunakan
3D editor lain seperti 3dsmax, Maya atau Blender untuk mendesain.
2.
Aspek Programming: Membuat game dengan Unity.
Unity mempunyai banyak kemampuan
untuk menampilkan materi games secara menakjubkan, akan tetapi Unity tidak
mempunyai banyak fungsi dan mekanik untuk berinteraksi , kecuali jika kita
mulai membuat programmingnya / scripting.
4.
Blender
3D
Berguna untuk membuat
objek 3D animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional, membuat
objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D
lainnya.
Bisa
melakukan modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3
dimensi
5.
Torque
3D
membantu programmer game untuk fokus
membuat kode yang berhubungan dengan gameplay
6.
construct 2
dapat membuat
game tanpa harus menulis kode pemrograman, karena sebagian besar logika untuk
game dapat dibuat menggunakan menu.
7.
game maker 8
Game Maker
membolehkan anda untuk membuat game komputer yang menarik, tanpa perlu belajar
bahasa pengaturcaraan yang kompleks seperti C + + atau Pascal atau menulis satu
baris kod.
E.
Referensi
http://ideatech.stts.edu/proceding/2011/9-000042-01p_INF%20Randitya%20p%2069-77.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar