Sabtu, 13 September 2014

TUGAS 1

A.    Pengertian Game Engine
Game engine merupakan sebuah komponen inti softoware dari sebuah game ataupun aplikasi lain yang menggunakan grafik secara real time. Game engine mempunyai development tools dengan tampilan cisual dan langsung terintegrasi didalam IDE (integrated development environment) sehingga tools-tools development tersebut dapat digunakan kembali untuk mengembangkan game yang lain. Hal ini membuat Game engine sering disebut game middleware karena Game engine mempercepat pengembangan sebuah game, mengurangi biaya pengembangan game, tingkat kompleksitas dari pengembangan game, yang merupakan faktor utama untuk bersaing didalam industri game. Beberapa Game engine hanya memberikan fitur untuk melakukan 3D rendering, dan tidak memberikan fitur – fitur yang dibutuhkan untuk membuat game secara keseliruhan. Game engine seperti ini disebut sebagai 3D engine dan dangat bergantung pada pengembangan game untuk menambah fitur-fitur yang tidak terdapat didalamnya dengan menggunakan komponen dari Game engine yang lain. Game engine secara lisensi terbagi menjadi dua yaitu;open source dan komersial. Salah satu Game engine open source yang terkenal adalah crytal space dan orge, sedangkan Game engine komersial terkenal dna banyak digunakan saat ini adlah tourque Game engine.



B.     Contoh Game Engine
1.      Game Engine 3 Dimensi
a.       CryEngine 3
CryEngine 3 merupakan teknologi graphics game yang menampilkan bayangan dari pencahayaan suatu objek terlihat nyata, dimana ketika player bayangannya menjauh akan memudar dan sedikit menghilang. Rerumputan akan ikut bergerak apabila terkena sentuhan dari pemain yang melintasinya, juga bergoyang ketika terkena hempasan angin yang lalu-lalang. Bahkan partikel seperti jilatan api akan tampak seperti nyata, tetesan air hujan disamudera dan permukaan yang terkena air hujan disuatu objek mampu memantulkan suatu bayangan. Dengan kata lain, CryEngine 3 menjanjikan grafik game yang nyata seperti bentuk aslinya direal-world.  Dibawah ini merupakkan salah satu screen shootnya.

graphicnya seperti didunia nyata dan juga cara membuat gamenya ini tidak perlu susah menggunakan script untuk membuatnya karena sudah disediakan oleh cry engine dan jadi akan membantu untuk mempermudah dalam membuat sebuah game.

b.      OGRE
OGRE singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine merupakan salah satu Engine Grafik yang berbasis objek. Dengan menggunakan Ogre kita dapat membuat game dengan  3 dimensi. Ogre itu sendiri ditulis dalam bahasa C++. Ogre menggunakan library atau pustaka Direct3D dan OpenGL.

Sejarah Singkat OGRE
·         Berawal dari tahun 1999 merancang perpustakaan yang ada API dan platform independennya.
·         Kemudian 25 Februari 2000 mendaftarkan proyek Sourceforge dengan nama OGRE.
·         Februari 2005 dirilislah Ogre v1.0.0 “Azathoth” Rilis – resource system overhaul, hardware pixel buffers, HDR, CEGui, XSI exporter
·         Maret 2005 Ogre adalah ‘Project of the Month’ di Sourceforge
·         4 November 2005 Ankh dilepaskan sebagai produk komersial pertama menggunakan Ogre
·         7 Mei 2006 Ogre 1.2 “Dagon” secara resmi dirilis
·         25 Maret 2007 Ogre 1.4 “Eihort” secara resmi dirilis
·         28 Agustus 2008 Ogre 1.6 “Shoggoth” secara resmi dirilis (Saat ini 1.6.5 Stable Release)
·         31 Desember 2009 1,7 ogre RC1 “Ctchugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Pre Release)
·         28 Februari 2010 Ogre 1.7 “Cthugha” secara resmi dirilis (Saat ini 1.7.0 Stable Release)


Didalam OGRE ada berbagai macam fitur yang dapat kita akses antara lain :
1. Desainnya yang Object Oriented yaitu dengan menggunakan plugin untuk mempermudah dalam memasukkan fitur lainnya.
2. Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
3.    Ogre adalah sepenuhnya multi-platform, dengan OpenGL dan Direct3D dukungan. Dapat membuat konten yang sama pada berbagai platform tanpa pencipta konten harus mempertimbangkan kemampuan yang berbeda dari setiap platform. Hal ini mengurangi kompleksitas menjalankan sebuah permainan pada banyak sistem. Saat ini binari pre-compiled ada untuk Linux, Mac OS X, dan semua versi utama Windows.
4.   Ogre juga mendukung program Vertex dan Fragment shader bersama dengan adat ditulis dalam GLSL, HLSL, Cg dan assembler.
5. The landscape scene manager / pemandangan – pemandangan manajer untuk Progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis atau manual.
6.    Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.
7.   OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen post processing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.
8.  Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.
9. Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb

c.       Unity 3D

Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box untuk menambahkan langit.
Fitur scripting yang disediakan, mendukung 3 bahasa pemrograman, JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and EasyMoving, rotating, dan scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga dengan Duplicating, removing, dan changing properties. Visual Properties Variables yang di definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor. Bisa digeser, di drag and drop, bisa memilih warna dengan color picker. Berbasis .NET. Artinya penjalanan program dilakukan dengan Open Source .NET platform, Mono.

Gambar diatas menampilkan lembar kerja dari unity 3.5. versi gratis. Pada setiap project Unity terdapat sebuah Assets folder. Isi dari Assets folder ditampilkan dalam bentuk panel project dalam editor unity. Assets folder adalah tempat untuk menyimpan semua komponen dari game seperti tingkatan game (level scenes), scripts, 3D models, teksture, dan file audio.
Untuk menambahkan assets ke dalam project, cukup dengan menarik (drag) file yang ingin ditambahkan ke dalam panel project. Atau dengan memilih menu Assets->Import New Asset. Untuk membuat scene baru, gunakan tombol Control-N (pada keyboard). Untuk menyimpan scene yang sedang aktif, gunakan Control-S (pada keyboard).
Panel Hierarchy menampung semua GameObject yang terdapat di Scene yang sedang aktif. Beberapa dari GameObject tersebut berhubungan langsung ke asset seperti objek 3D. Objek yang terdapat pada hierarchy dapat di seleksi dan dihapus. Jika objek dihapus atau ditambahkan pada scene, maka objek tersebut juga akan hilang atau muncul pada hierarchy.
Unity menggunakan sebuah konsep yang disebut Parenting. Ini digunakan untuk membuat sebuah GameObject menjadi anak dari GameObject yang lain. Tarik sebuah gameobject dan pindahkan tepat di atas tulisan gameObject yang akan dijadikan parent dalam hierarchy. GameObject yang terdapat dalam sebuah gameObject lainnya akan mengikuti perpindahan dan perputaran ketika gameObject parent mengalami perubahan posisi.

d.      Unreal Development
Sejak 1998, GE keluaran Epic Games pertama digunakan untuk game Unreal, dan dilanjutkan oleh game bernuansa Stealth Deus Ex (2000). Generasi pertama Game Engine ini menunjukkan dunia yang gelap dan kelam. Beruntunglah kita para PCGamer, karena dapat merasakan game-game dari Unreal Engine  dengan Framerate yang lebih stabil dibandingkan di console. Tetapi, Unreal Engine 3 mengalami revolusi yang membuatnya menjadi GE yang menghasilkan Framerate stabil, Kualitas Grafis yang mantap, Dynamic Shadows, HDRR (High Dynamic Range Rendering), Depth of Field, dan penggunaan DX 11 secara maksimal. Semua game dengan Engine ini memang mengagumkan, dan nyaris semua bertema kelam, karena GE ini memang mengutamakan di Shadows.
Contoh Game yang dibuat dengan software ini adalah Homefront, GRAW, Batman Arkham City dan banyak lagi.

e.       FPS Creator x10
Software    ini  dibuat  oleh  perusahaan  The  Game  Creators  Ltd.  Perusahaan  yang juga  memproduksi  3D  Gamemaker  dan  Dark  Basic.  Aplikasi ini  khusus  untuk  membuat game  3D  dengan  genre  FPS  (First  Person  Shooter),  dengan  maksud  fokus  pada  satu genre  dan  tidak  untuk  genre  yang  lain.  Keuntungan  lain  dari  FPS  Creator  adalah kemudahan  yang  diberikan  kepada  penggunanya  untuk  membuat    game    FPS  dengan cepat dan mudah tanpa harus memahami lebih mendalam tentang programming dan skill grafis3.

FPS  Creator  merupakan  salah  satu  game  engine dengan genre FPS atau tembak-menembak dari sudut pandang orang pertama.  Perkembangan game FPS dimulai dengan munculnya game Wolfenstein 3-D yang merupakan  nenek  moyangnya  game  FPS.  Hadirnya  game  Doom  mulai  mengawali penggunaan  teknologi  grafis  3D  dalam  genre  FPS  serta  merupakan  game  yang  bisa dimainkan  secara  online.  Game  FPS  yang  paling  dikenal  di  Indonesia  adalah  Counter Strike dimana pada waktu itu merupakan game favorit para gamers. Crysis dan Far Cry 2 yang saat ini hadir dengan teknologi grafis terbaru tingkat tinggi merupakan pionir game FPS  3D  selanjutnya.  Perkembangan  game  FPS  terbaru  saat  ini  adalah  Call  of  Duty    :  Modern Warfare 3 dan Battlefield 3 yang disajikan semakin halus tingkat teknologi grafis dan narasi. 

f.       Torque 3D
Torque 3D  adalah salah satu  Game Engine  yang di buat oleh  Garage Games, dengan mengunakan bahasa C++. Dalam istilah sederhana, Torque 3D adalah mesin game yang dikembangkan oleh  Instan Action  (sebelumnya dikenal sebagai  GarageGames ). Membuat game adalah salah satu yang paling  sulit, namun menyenangkan dan bermanfaat didunia. Menggunakan game engine bukan hanya jalan pintas untuk menyelesaikan pembuatan game, tapi juga akan menghemat waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk menciptakan sistem  rendering  yang kompleks, jaringan kecepatan
tinggi,  editor real time, sistem  scripting, dan sebagainya. Adapun Fitur - fitur yang terdapat pada  Torque 3D  tersebut antara lain :Toolbox,  Torquescript, Editor  dan Pipeline Aset. 

Gambar di atas adalah tampilan awal Torque3D, pada tampilan tersebut tersedia beberapa tool yang digunakan untuk memulai pembuatan game, seperti  World Editor, Play Game, Gui Editor dan lainnya.

g.      Blender 3D
Blender 3D adalah sebuah software editing 3 Dimensi berlisensi GNU (gratis). Software ini dapat digunakan untuk untuk editing obyek 3 Dimensi. Fungsinya hampir sama dengan software maya dan 3D Studi Max. Blender dapat berjalan di sistem operasi berbasis windows dan linux.


Sejarah Blender
·       Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
·     Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum. Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu.
·     Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source.
·     Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender tersu berlanjut hingga saat ini.

h.      Panda 3D
Panda 3d adalah game engine, ebuah kerangka kerja untuk 3D rendering dan pengembangan game untuk Python dan C + +. Panda3D bersifat Open Source dan bebas untuk tujuan apapun, termasuk usaha komersial, berkat itsliberal lisensi. Selama beberapa bulan terakhir, beberapa mahasiswa di Carnegie Mellon University’s Entertainment Technology Center (ETC) telah bekerja pada peningkatan proses egging serta secara bertahap meningkatkan sistem shader. Bagi anda yang pernah menggunakan Panda 3d, anda akan tahu bahwa ada proyek PLG Panda 3D di masa lalu. Beberapa dari mereka telah lumayan berhasil karena adanya ruang lingkup proyek besar. Proyek ini justru akan berfokus pada pembuatan fitur lengkap set bukan setengah potongan yang diimplementasikan seperti proyek yang gagal di masa lalu. Ini juga akan fokus pada dokumentasi baik di dalam code dan manual. Proyek fokus pada dua hal: Shader input dan Egging/model proses export.           


2.      Game Engine 2 Dimensi
a.       Construct 2
Construct adalah Game Engine yang dikembangkan oleh Scirra yang salah satu platform didukungnya adalah membangun apalikasi game untuk Windows 8. Construct 2 sangat mudah untuk di pelajari berbeda dengan pengembangan game pada umumnya Construct 2 memudahakan pengembang game untuk membuat aplikasi dengan metode visual programming, yaitu drag & drop modul yang telah disediakan dengan kebutuhan coding yang minimal. Membuat Game untuk Windows 8 dengan Construct 2 tidaklah susah, disini seorang desain sangat diperlukan.
Construct 2 selain bisa digunakan di Windows, juga dapat dijalankan di banyak platform, seperti Mac, Linux, dan iPad. Construct 2 juga dapat diinstal pada user account yang terbatas. Sifatnya juga portable, oh iya Construct 2 juga bisa di instal di Flasdisk dan pastinya bisa di jalankan bila kamu tidak membawa laptop atau notebook tinggal membawa Flasdisknya saja dan bisa di jalankan pada laptop lain.


b.      Game Maker 8
Game maker 8 adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat game berbasis 2D dan 3D tapi sayangnya game maker 8 hanya terfokus pada game yang dibuat 2D dari pada 3D ,tapi anda tidak bisa membuat game sekelas dengan Eart of empire II, pada aplikasi ini! karena ketersediaan alat pada game maker 8 sangat terbatas, sehingga para pembuat game biasanya membuat game 2 dimensi

c.       Stencyl
Platform pembuat game ini sangat fleksibel. Selain bisa diinstal di berbagai OS, game ini bisa digunakan dalam multidevice, mampu dijalankan di aplikasi iOS, Android, ataupun lainnya.
Fasilitas eksport ke dalam file swf sehingga mampu dijalankan di atas browser web, baik via Adobe Flash player ataupun HTML 5 menjadikan hasil kreasi game kita akan dengan mudah dipublikasikan, dimainkan dan mungkin juga dipasarkan.
Jika tertarik untuk memulainya, Anda dapat belajar tutorial gratis tahap demi tahap dari yang paling dasar sampai yang advance di situs resmi Stencyl yang dinamakan Stencylpedia, tepatnya di sini http://www.stencyl.com/help/. Sedangkan installernya bisa didownload di sini http://stencyl.com/

C.     Kelemahan dan Kelebihan
1.      Game engine 3D
a.       CryEngine 3
Kelebihan :
o  Tampilan grafis yang sangat memukau
o  Sudut pandang permainan sangat menarik dan dengan penggunaan bow yang baru
o  Efek suara yang bagus

Kelemahan :
Jalan cerita di awal sedikit sulit dimengerti

b.      ORGE
Kelebihan :
o  Gratis karena opensource
o  Dapat memilih render yang diinginkan, OpenGL atau DirectX.
o  Kemungkinan kinerja OGRE dalam scene culling lebih baik.
o  Dapat dirender dengan baik meskipun dengan kartu grafis bawaan Intel.
o  Mempunyai komunitas yang besar.

Kelemahan :
Hanya sebuah rendering engine tidak dilengkapi dengan tool jaringan, suara dan lain sebagainya.

c.       Unity 3D
Kelebihan :
o  multiple platform, maksudnya banyak platform yang diisupport oleh unity, misal Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
o  Bahasa pemrograman yang digunakan bermacam-macam, mulai dari Javascript, C#, dan Boo.

Kelemahan :
tidak bisa melakukan desain / modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain

d.      Unreal Development
Kelebihan : Unreal sudah didukung directX 11 dan OpenGL 4.0. Kemudian sudah didukung penuh high dynamic range rendering, per-pixel lighting, soft shadow, tessellation, multiple reflection modes, bokeh depth of field, advanced rendering, displacement mapping, serta simulasi obyek tubuh.

Kelemahan : Obyek-obyek yang dihasilkan terlihat terlalu mengkilat. Model terasa seperti plastik dan bayangan yang dihasilkan pun juga tidak terlalu bagus.

e.       FPS Creator x10
Kelebihan :
o   Membuat game FPS dengan cepat dan Mudah
o   Menggunakan intelligent building block untuk menciptakan level permainan.
o   Tidak perlu melakukan proses coding atau programming.
o Desain yang terbuka sehingga sangat memungkinkan untuk dikembangkan dengan mudah.
o   Dapat mengimpor media kita sendiri (suara,model 3D,tekstur,dll)
o   3D engine yang mendukung DirectX 10 ke atas.
o   Hampir setiap aspek dari Game dapat dikendalikan melalui file script yang dapat kita edit.
o   Proses rendering yang cepat dan frame rate yang tinggi.
Mendukung Multiplayer

Kelemahan :
o     Spesifikasi komputer yang dibutuhkan relatif tinggi dan mahal.
o   Tools dan utility masih minim untuk FPS Creator X10 dibandingkan dengan FPS Creator untuk Win XP.
o     Hanya bisa untuk membuat game bergenre fps.
o   Tidak bisa menambah atau mengatur menu game, menu game yang tersedia untuk dibuat hanyalah menu start game dan quit game
o   Game yang dihasilkan hanya bisa dimainkan oleh komputer yang memiliki RAM dan VGA yang berkualitas
o   Susah didistribusikan karena memerlukan spesifikasi komputer yang bagus untuk memainkannya

f.       Torque 3D
Kelebihan:
o   Selain sebagai mesin grafis 3D, torque menyediakan kode jaringan yang kuat, scripting, di-dunia mesin editing dan GUI penciptaan. The source code dapat dikompilasi pada Windows, Macintosh, Linux, Wii, Xbox 360 dan iPhoneplatform.
o   Model pemuatan mendukung model 3D dalam . DTS format file dan . DIF format file.
o   Torsi mendukung jaringan LAN dan permainan di internet dengan tradisional arsitektur client-server. Server objek “ghosted” pada klien dan diperbarui secara berkala atau pada peristiwa.
o  DTS model biasanya digunakan untuk karakter dan kendaraan meskipun kadang-kadang,disini digunakan untuk bangunan dan interior jadi beda .
o   Dataran secara otomatis menyala dan tekstur diterapkan pada daerah dapat dicampur bersama-sama dengan dengan rapi.

Kelemahan:
o   Banyak versi dari Torque Game Engine, terutama Torque X dan 3d, yang hampir seluruhnya kurang di dokumentasi resmi. Sebagai contoh, satu-satunya dokumentasi resmi untuk Torque 3d terdiri dari deskripsi singkat subset terbatas fitur
o   Sofwarenya mahal sekali Tersedia Lisensi Indie untuk individu dan perusahaan yang membuat kurang dari US $ 250,000 dalam penjualan tahun sebelumnya, dan Lisensi Komersial Tersedia pada harga yang lebih tinggi untuk individu dan perusahaan yang membuat lebih dari 250,000 dolar di tahun sebelumnya

g.      Blender 3D
Kelebihan :
o  dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.
o  Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.
o  Sekarang ini Blender merencanakan sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.

Kelemahan:
GUI nya agak susah dimengerti (mungkin butuh waktu untuk membiasakannya).


2.      Game Engine 2D
a.       Construct 2
Kelebihan :
Construct 2 memiliki tampilan yang mudah dipahami,bahkan oleh orang awam sekalipun, sehingga membuat games pun jadi lebih mudah dan cepat. Dalam hitungan jam pun sudah bisa bikin games, sesuatu yang mungkin mustahil jika kita membuat games dengan coding.
                   
Nah,sebagai pengganti programing/coding, di Constuct 2 disediakan yang namanya System Event. Jadi, inti dari games supaya bisa berjalan ada disini. Cuma butuh kemampuan logika yang kuat disini, supaya games bisa berjalan dengan baik.

Behaviours disini maksudnya fungsi bawaan yang telah disediakan oleh Construct 2, sehingga kita tidak perlu membuatnya lagi dari awal. Yang termasuk behaviour disini adalah fisika, pergerakan, platformer, dll.

Hasil karya kita langsung bisa kita lihat seketika,tanpa harus menunggu aplikasi dikompilasi atau menunggu proses lain yang memakan waktu yang lama. Cukup menekan tombol play,hasil karya langsung bisa kita coba.

Games tanpa efek visual tentu kuran menarik. Construct pun sudah menyediakan visual efek yang keren untuk membuat games menjadi lebih menarik

Karena Games yang dihasilkan Construct berbasis HTML5, maka games kita dapat dipublikasikan ke berbagai macam platform,mulai dari Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, NewGrounds, Firefox Marketplace, Sencha Arcade. Untuk PC pun bisa,dengan hasil publikasi untuk Windows 8,Linux,Mac. Platform mobile pun juga bisa,seperti iOS,Android,Blackberry.

Kurang puas dengan kemampuan Construct 2? Butuh fitur-fitur yang lain? Construct 2 menyediakan SDK untuk membuat plugin tambahan. Bahkan kita bisa membuat visual efek sendiri jika kita mau.

kelemahan :
Jika kita ingin membuat gerakan karakter yang unik, akan sulit mengakali behavior bawaan dengan tambahan event, jauh lebih mudah jika kita membuat event langsung dari awal.

b.      Game Maker 8
kelebihan :
·         Mudah untuk difahami
Game Maker telah menyediakan tutorial untuk anda yang ingin belajar membuat permainan komputer. Selain itu,ikon yang disediakan juga mudah untuk difahami.
·         Mempunyai banyak fungsi
Salah satu fungsinya ialah pengesan kesalahan dan kod saranan. Fungsi pengesan kesalahan ialah ia dapat mengesan kesalahan pada kode program yang anda telah masukkan.
Kod saranan pula ialah salah satu fungsi yang memberi beberapa cadangan yang hampir dengan kode yang telah anda masukkan.

kelemahan :
Banyak tampilan baru yang diberikan sehingga, kita harus belajar lebih giat lagi untuk mengenal fungsi-fungsi baru game maker tersebut.

D.    Kegunaan Game Engine
1.      Cry engine 3
CryEngine  3 menyatukan animasi, secara teknis terintegrasi dan terukur dan teknologi grafis untuk memberikan karakter menakjubkan nyata untuk lintas-platform game, tanpa biaya lisensi tambahan. Sistem karakter animasi baru, jauh meningkatkan standar seni dalam real-time karakter animasi.  Sebuah editor karakter khusus memungkinkan desainer animasi melakukan  pratinjau dalam Sandbox ™ CryEngine 3 di semua platform yang didukung,  sedangkan alat animasi yang kuat memungkinkan animator untuk visual, menentukan negara dan transisi karakter.

2.      OGRE
OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering engine bukan complete game engine. Tujuan utamanya dari OGRE adalah untuk memberikan solusi umum untuk grafis rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain.

3.      Unity 3D
untuk membuat mengedit dan membuat script untuk menciptakan sebuah game 3D. selain bisa untuk build game PC, UNITY juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, & android.

Terdapat 2 hal yang bisa kita dapatkan dari UNITY:
1.      Aspek Design : Menggunakan Unity untuk membangun Level.
Aspek ini tidak termasuk proses desain atau modeling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax, Maya atau Blender untuk mendesain.
2.      Aspek Programming: Membuat game dengan Unity.
Unity mempunyai banyak kemampuan untuk menampilkan materi games secara menakjubkan, akan tetapi Unity tidak mempunyai banyak fungsi dan mekanik untuk berinteraksi , kecuali jika kita mulai membuat programmingnya / scripting.

4.      Blender 3D
Berguna untuk membuat objek 3D animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional, membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya.
Bisa melakukan modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi

5.      Torque 3D
membantu programmer game untuk fokus membuat kode yang berhubungan dengan gameplay

6.      construct 2
dapat membuat game tanpa harus menulis kode pemrograman, karena sebagian besar logika untuk game dapat dibuat menggunakan menu.

7.      game maker 8
Game Maker membolehkan anda untuk membuat game komputer yang menarik, tanpa perlu belajar bahasa pengaturcaraan yang kompleks seperti C + + atau Pascal atau menulis satu baris kod.


E.     Referensi
http://ideatech.stts.edu/proceding/2011/9-000042-01p_INF%20Randitya%20p%2069-77.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar